Rabu, 09 Juli 2014

About East Borneo

Kalimantan Timur atau biasa disingkat Kaltim adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi.
 Luas total Kaltim adalah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta. Kaltim merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia. Ibukotanya adalah Samarinda
Sebelum pemekaran Provinsi Kalimantan Utara, Kaltim merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia dengan luas sekitar satu setengah kali Pulau Jawa dan Madura atau 11% dari total luas wilayah  Indonesia.
Di Kaltim biasanya orang-orang menggunakan Bahasa Indonesia, bahasa dayak, Bahasa paser,bahasa Tidung, Bahasa Banjar,Bahasa Berau dan Bahasa Kutai


BUDAYA
Salah satu tarian khas tarian suku Dayak Kenyah adalah Tari Burung Enggang.
Tari Burung Enggang merupakan tarian atau kesenian masyarakat Dayak pedalaman Kalimantan Timur.  Menurut kepercayaan mereka bahwa nenek moyang mereka berasal dari langit dan turun ke bumi menyerupai burung enggang. Oleh karena itu, masyarakat dayak Kenyah menghormati dan memuliakan burung enggang.


MAKANAN
 Beberapa camilan khas kalimantan timur yaitu :

1. Amplang

Amplang adalah sebuah makanan ringantradisional yang terbuat dari ikan yang disajikan di SamarindaIndonesia dan kemudian terkenal di Kalimantan Timur,Kalimantan Utara dan pesisir timur Sabah,Malaysia. Amplang terbuat dari ikan tenggiri, yang dicampur dengan tepung kanji dan bahan-bahan lainnya, dan kemudian digoreng.


2. BONTING (Abon Kepiting)

jika abon sapi sudah menjadi terlalu mainstream di lidah, maka cobalah bereksplorasi menjajal Abon Kepiting (bonting) khas Balikpapan. Tekstur suwiran daging kepiting dalam bonting jauh lebih halus ketimbang suwiran abon sapi dan rasanya gurih agak manis. Cara menikmatinya bisa ditaburkan begitu saja pada sepiring nasi panas untuk sarapan saat kita terburu-buru harus meninggalkan rumah di pagi hari atau menjadi bahan isian lontong/lemper. Sandwich bonting dengan tambahan irisan tomat segar plus daun selada serta lumuran saus cabai pedas pastilah membuat acara makan siang kita akan lebih semarak.
Konon bonting ini mulai dikenal di Balikpapan sejak tahun 2005, mungkin sebagai upaya menyiasati melimpahnya hasil tangkapan kepiting oleh para nelayan di Kalimantan Timur (Kaltim) agar tak membusuk percuma dan menjadi alternatif kuliner seafood yang tahan disimpan lama tanpa terlalu merosot nilai gizinya serta berpotensi mendatangkan keuntungan ekonomis bagi masyarakat setempat. 



Ciri Khas Kalimantan Timur
 Ada beberapa barang-barang tradisional khas Kalimantan Timur diantaranya sarung tenun Samarinda,kerajinan manik-manik,gelang dan kalung batu-batuan khan kaltim

  aneka sarung tenun Samarinda



Kerajinan manik-manik


gelang dan kalung batu-batuan khan kaltim

 Aneka barang tradisional khas Kalimanta Timur yang berbentuk seperti burung dan lain-lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar